Agar anak mau belajar membaca, maka rasa cinta terhadap buku atau literasi juga harus tumbuh terlebih dahulu. Cara terbaik untuk menumbuhkan rasa cinta membaca adalah dengan membiasakannya. Jadilah contoh yang baik untuk anak dan tunjukkan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Dibanding flash card, penggunaan blok huruf atau phonetic reading blocks dianggap lebih efektif untuk mengajarkan anak membaca. Sebab flash card hanya akan membiasakan anak menghafal, sementara blok huruf bisa mengajarkan anak untuk menganalisis masing-masing huruf dan susunan kata. Selain fokus pada materi pelajaran yang diberikan, anda juga harus memikirkan perkembangan murid.

Hal ini juga dapat membantu menanamkan pada pemikiran anak bahwa mereka bisa mendapatkan hasil lebih baik dengan berusaha dan bekerja keras, yang pada akhirnya juga akan mendukung kesuksesan. Di sisi lain, ada juga yang menganggap bahwa mengajari anak membaca terlalu dini tidak terlalu baik. Sebab saat anak tampak kesulitan memahami, bisa muncul kecurigaan gangguan belajar.

Berbicara dengan anak adalah hal yang penting dan perlu dilakukan, terutama jika orang tua merasa bahwa anak mengalami bullying ataupun masalah pribadi lainnya di sekolah yang memicu anak malas belajar. Setelah empat cara diatas, tahap terakhir adalah mengajari anak untuk belajar membaca kata secara utuh. Mulanya, pasti sang anak akan mengeja sebuah kata sebelum bisa disebutkan langsung secara utuh.

Membuat anak mudah mengerti

Pada tahap tersebut, kuantitas dan kualitas sambungan sel saraf anak ikut menentukan kecerdasannya. Sedangkan untuk usia 6 tahun, anak dengan penanganan yang tepat mampu membuatnya berhitung matematika, terutama pengurangan dan penjumlahan. Nyanyian dengan gaya/ tarian sangat bagus untuk anak yang masih kecil karena dapat mengikuti gerakan meskipun belum bisa menyanyikan lagunya. Ada banyak lagu animasi yang bagus di LearnEnglish yang bisa Anda dengarkan bersama anak.

Bagi para Ibu sebaiknya mencoba cara ini, cobalah untuk menggunakan spidol dengan warna yang berbeda supaya anak lebih mudah membaca dengan benar sekaligus merupakan cara yang asyik dalam belajar membaca. Hal ini sekaligus bisa digunakan untuk mengajari anak dalam membedakan warna. Cara ini dapat membantu orangtua mengatur energi dan suasana hati agar kondisi di rumah menyenangkan.

Tidak akan memakan waktu yang lama dan juga akan memperoleh hasil tangkapan yang melimpah. Namun, hal tersebut merupakan salah satu penyebab dari pencemaran air. Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan remaja. Memang web cukup membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Akan tetapi ternyata web pun tidak terlepas dari hal-hal negatif yang dapat berdampak buruk.

Proses belajar menghasilkan hal atau gerakan baru dengan menekankan pada kreativitas berdasarkan kemampuan yang telah berkembang pesat. Merupakan tahap menengah dalam mempelajari suatu kemampuan yang kompleks. Pada tahap ini respon yang dipelajari sudah menjadi suatu kebiasaan dan gerakan bisa dilakukan dengan keyakinan serta ketepatan tertentu. Kesiapan anak untuk bergerak meliputi aspek psychological, fisik, dan emosional. Pada tingkatan ini, anak menampilkan sesuatu hal menurut petunjuk yang diberikan, dan tidak hanya meniru.