Meskipun makan menjadi salah satu rutinitas wajib bagi Si Kecil, pastikan untuk membuat momen tersebut terasa menyenangkan. Sebaiknya, Si Kecil tidak dimarahi ataupun dipaksa ketika makan karena ini justru membuatnya kehilangan nafsu makan. Bunda bisa membiarkannya mengambil makanannya sendiri sehingga Si Kecil bisa merasa lebih nyaman sekaligus juga bisa belajar mengenal tekstur makanan. Selain itu, Bunda sebaiknya menjauhkan Si Kecil dari televisi ataupun mainan ketika jam makan. Hal tersebut bisa membuat Si Kecil jadi kurang berkonsentrasi untuk makan.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Salah satu penyebab sang anak susah makan adalah makanan yang itu-itu saja setiap harinya. Maka dari itu, untuk mengatasi anak susah makan adalah memberikan variasi makanan yang menggugah selera. Jika anak susah makan, tentunya sebagai orangtua, ibu harus tahu apa yang menyebabkan anak enggan untuk menelan makanan yang telah kita siapkan. Apakah selama ini respons orangtua yang salah dengan pola makan anak? Atau ada masalah psikologis yang membuat sang anak menjadi sulit makan.

Mungkin bagi orang dewasa, rasanya seperti mendengar suara kuku yang digesekkan ke papan tulis. Alhasil, itu membuat anak-anak menghindari beberapa sajian, dan hanya mau makan yang itu-itu saja. Biarkan ia duduk dengan tenang dan memilih sendiri lauk yang ia sukai. Bunda juga bisa membangun hubungan antara si kecil dengan menu santapannya. Contoh, menceritakan kisah tradisional tentang kancil mencuri timun saat ia sedang makan mentimun. Selain tiga makanan di atas, Moms juga bisa memberikan buah dingin seperti semangka untuk membantu meredakan nyeri yang dialami.

Alat makan khusus yang dimaksud adalah berupa piring, sendok dan gelas atau propertu makan lainnya. Sebagai contoh, jika anak anda penyuka tokoh superhero seperti iron man. Anda dapat membelikan satu set alat makan yang bergambar tokoh tersebut. Tentunya dengan daya tarik dan sedikit iming iming tersebut, anak akan menjadi tidak malas lagi untuk menyantap makanannya.

Nah, jika bayi susah makan secara tiba-tiba, bisa jadi tekstur yang diberikan sudah tidak sesuai sehingga harus dibuat lebih padat. Salah satu penyebab hilangnya selera makan adalah menu makanan yang kurang variatif. Untuk itu, cobalah untuk memperkenalkan bayi dengan beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi. Dengan demikian, bayi tidak bosan oleh karena menu yang disajikan sama setiap hari.