Pola tingkah laku yang menjadi kebiasaan atau pola hubungan sosial yang mempunyai hubungan tertentu. Petunjuk yang dimaksud ialah menurunkan kurikulum yang jelas, memuat langkah-langkah yang dilakukan terhadap kaumnya. Materi ini menanamkan pentingnya selalu menjaga hubungan dan kedekatan dengan Tuhan yang Haqsetelah letih berfikir dan bekerja untuk manusia. Supaya selalu ingat bahwa manusia makhluk lemah dan perlu pertolongan dari Allah swt untuk menyelesaikan tugas-tugas besar mengajarkanmanusia kepada ketauhidan.

Kemudian, gaya belajar fisik perlu menyentuh dan memperagakannya untuk bisa belajar dan mengerti konsep-konsep baru. Selama dalam tindakan Karantina Rumah Sakit, kebutuhan hidup dasar seluruh orang yang berada di rumah sakit menjadi tanggung jawab Pemerintah pusat dan/atau Pemerintah Daerah. Peserta didik menempati posisi sentral dalam proses belajar mengajar. Di dalam konteks pembelajaran, peserta didik sebagai pihak yang perlu mendapat perhatian sehingga pembelajaran dapat memiliki makna atau berarti.

Memberikan jawaban atas pertanyaan anak akan membuat rasa ingin tahu anak dapat tumbuh subur dalam diri anak. Namun demikian, jawaban yang diberikan orangtua perlu mempertimbangkan usia dan taraf berpikir anak. Dengan menjelaskan atau menceritakan proses, Anda turut membantu sembari memberi penjelasan lebih luas dan mudah untuk buah hati. Penting untuk ada orang dewasa di sekitar anak guna menjaga dan menjawab pertanyaan si kecil. Terkadang pertanyaan anak sebenarnya sederhana, orang tualah yang berpikir terlalu rumit. Berusahalah untuk menjawab dengan kalimat yang sederhana, jika bisa diberikan contoh konkret yang bisa dipahami anak.

Cara untuk menanggapi pertanyaan kritis dari anak

Untuk pertanyaan kedua, menurut saya pola pendidikan kewarganegaraan yang cocok dilakukan terhadap masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa ialah tidak hanya pemahaman secara teoritis melainkan juga penerapan atau praktek dalam kehidupan. Mahasiswa harus bisa fleksibel dan solutif terkait masalah-masalah yang terjadi dalam ruang lingkup masyarakat saat ini. Dan tentunya solusi-solusi yang muncul dari benak mahasiswa berasal dari pengalaman-pengalaman selama terjun ke masyarakat. Dengan terbiasa menuntaskan masalah-masalah kecil dalam ruang lingkup masyarakat kecil, nantinya mahasiswa juga akan mampu menjadi “problem-solver” dari kasus kasus major yang terjadi pada negara.

“Bukan tidak bisa mengambil keputusan, tetapi mereka terbiasa berpikir secara kaku. Mereka menolak adanya obyektivitas, jadi mereka hanya menerima satu, tidak menerima yang lain. Ini yang harus menjadi pertimbangan untuk mengajarkan kemampuan tersebut sejak dini.

Setelah selasai studi, mereka kembali ke kampung halamanya dan mengadakan pembaruan sesuai semangat yang dibawanya dari negeri timur tengah. Di antara madrasah yang cukup populer di masanya adalah madarasah Nizhamiyah. Bagaimana cara madrasah ini mentransmisikan ilmu pengetahuan Islam, yaitu dengan menyelenggarakan ujian. Namun pernanan guru masih sangat mendominasi oleh karena besarnya pengaruh guru secara individual. Misalnya, ijazah yang seharusnya dikeluarkan atas nama madrasah, tapi dikeluarkan atas nama guru.