Untuk a hundred ekor ikan lele, maka kolam yang harus dipersiapkan adalah dengan ukuran 2 x 1x zero.6 meter. Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa lele adalah salah satu jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan mengingat harga bibit lele yang tidak terlalu mahal dan permintaannya yang selalu tinggi. Itulah mengapa, bisnis budidaya ternak ikan lele masih banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Bagaimana cara berternak lele

Setelah mengetahui besaran modal yang dibutuhkan untuk menjadi peternak lele, Anda perlu memahami tentang bagaimana cara tepat memeliharanya. Sebenarnya, bisnis ternak ikan lele tidak membutuhkan banyak pengalaman serta pengetahuan khusus untuk bisa sukses. Namun, jika pemahaman si pemelihara sama sekali tidak ada, sudah pasti ikan lele akan gagal untuk dipanen. Anda harus memilih benih lele unggul yang lebih sulit terserang penyakit, sehat, dan lebih besar. Benih ikan lele yang unggul akan lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, ukuran lele terlihat sama serta warna sedikit lebih terang. Sebelum menebar benih lele ke dalam kolam karena Anda harus menunggu proses pembentukan lumut dan fitoplankton yang dapat menetralkan air kolam agar tidak mudah keruh.

Tingkat kesuksesan budidaya ikan lele sangat ditentukan oleh kualitas benih yang ditebar. Ada beberapa jenis ikan lele yang biasa dibudidayakan di Indonesia. Silahkan baca lebih lanjut mengenai jenis-jenis ikan lele budidaya. Kami merekomendasikan jenis ikan lele Sangkuriang yang dikembangkan BBPBAT Sukabumi. Ikan lele sangkuriang merupakan hasil perbaikan dari lele dumbo.

Usahakan penebaran benih dilakukan pada pagi hari atau malam hari. Karena pada jam-jam tersebut suhu air sejuk dan biak untuk benih lele. Berikut ini keuntungan yang bakal didapat dari beternak ikan lele. Budidaya ikan lele juga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk melakukan usaha.

Anda bisa mencari informasi dulu berapa harga dari bibit lele yang bagus. Usaha ternak lele merupakan jenis usaha budidaya yang layak dicoba karena prospeknya cukup bagus. Lele Slot Online Terpercaya adalah ikan air tawar yang sangat mudah diolah menjadi lauk pauk dan berbagai camilan kesukaan masyarakat. Menu lele goreng ataupun bakar terbukti laris manis dijual dimanapun.

Selain pemilihan bibit, cara menebarkan bibit juga harus diperhatikan. Caranya adalah dengan meletakkan wadah bibit pada kolam selama 15 menit hingga 30 menit dengan keadaan miring. Dalam penebaran bibit, akan lebih baik jika dilakukan di pagi atau malam hari karena waktu tersebut ikan lele cenderung lebih tenang. Kamu harus memilih bibit lele yang unggul, yang berukuran lebih besar, lebih sehat, dan memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap penyakit.