KOMPAS.com – Teknologi digital kian menjadi kebutuhan banyak orang. Pasalnya, hampir setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari berhubungan dengan penggunaan gadget, seperti belanja on-line, belajar daring, atau assembly virtual. Sitaresti Astarini selaku Head of Business Marketing TikTok Indonesia mengatakan, TikTok merupakan platform inklusif dengan konten beragam, termasuk dari perempuan yang menjadi pengguna ataupun wirausaha. yang sesuai dengan bisnis atau produkmu, juga tema video yang kamu buat. Misalnya, #fyp, #foryoupage, #smallbusiness, #fashionkorea, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Hal ini menjadi peluang bagi banyak orang yang ingin mengambil benefit dari populernya aplikasi Instagram dan TikTok, baik untuk personal branding maupun untuk bisnis yang dijalankan secara daring. Terakhir, sering-seringlah untuk memposting video secara teratur agar akun TikTok bisnis Anda selalu hidup dan ramai. Anda juga bisa meningkatkan engagement dengan membalas komentar-komentar yang diberikan oleh followers akun Anda.

hanya memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan produknya, Fenty Beauty memahami bahwa mereka dapat tampil dengan lebih menonjol jika memanfaatkan fitur musik yang disediakan oleh TikTok. Tayangan TikTok yang diunggah oleh merek kosmetik ini pun bisa terlihat beda, unik, sekaligus menarik dengan memahami cara kerja TikTok dan konten yang bagaimana yang akan lebih disukai oleh audiens. Menonton unggahan dari Fenty Beauty di TikTok benar-benar terasa seperti menghadiri pagelaran fesyen, lengkap dengan permainan musik yang rancak dan menggugah.

“Brand memiliki kesempatan untuk mengubah pemasaran tradisional dan berinteraksi dengan pengguna masa kini, dengan mendorong mereka untuk membuat video di TikTok, bukan sekadar melihat atau menonton iklan,” tambahnya. Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya viewers sesuai target market Anda menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Ajak influencer untuk share dan buat review produk atau jasa usaha Anda. Menurut Odo, ada beberapa hal yang bisa dikolaborasikan antara TikTok dengan Pemerintah dalam membantu UMKM. Mobitekno – TikTok tidak hanya menjadi aplikasi video pendek untuk mengekspresikan aktivitas para penggunanya saja. Kini, TikTok pun bisa menjadi solusi jitu untuk bisnis kecil menengah mempromosikan produknya.

Buatlah hashtag yang catchy, mudah diingat, dan relevan dengan model Anda. Buatlah versi atau bahkan trend baru yang khas dan unik dari brand bisnis on-line Anda. Konten yang menarik otomatis akan menarik banyak calon pelanggan baru yang datang dan meng-klik tombol observe akun bisnis online Anda.

Menambah sentuhan baru, model di Indonesia dapat terhubung dengan komunitas yang lebih besar, serta lebih mudah ditemukan oleh pengguna melalui TikTok. Untuk menjangkau pasar, Sitaresti menyarankan pelaku usaha agar melihat kebiasaan pengguna lewat konten favoritnya. Bermula dari produk skincare untuk bulu mata, Nutrishe selanjutnya hadir dengan berbagai produk skincare dan mengembangkan brand-nya untuk membantu perempuan Indonesia merawat kecantikan.

Bisnis TikTok

Setelah target audience ditentukan, saatnya menerapkan kira-kira dengan cara seperti apa produk akan dipromosikan di Instagram dan TikTok. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, konten Instagram cenderung lebih dewasa dan profesional, sedangkan Tiktok lebih enjoyable dan spontan. Oleh karenanya, konten promosi yang disajikan di kedua platform tersebut haruslah disesuaikan. Lalu bagaimana cara menangkap peluang bisnis di TikTok dan Instagram? Selain memiliki pengguna yang lebih banyak, konten promosi yang bisa disajikan di Instagram tidak hanya sebatas video saja. Pengguna juga bisa menggunakan konten berbentuk foto atau desain grafis dalam melakukan promosi.

Misalnya, popcorn duet problem saat Raisa merilis single terbaru berjudul Bahasa Kalbu. Kapan lagi bisa berduet dengan salah satu entertainer paling hits di Indonesia yang sempat menyebabkan hari patah hati nasional ini? Di satu sisi, ini menjadi cara Raisa untuk melakukan promosi on-line secara gratis. Bahkan, mereka secara Tembak Ikan Terpercaya tidak langsung bisa berkolaborasi dengan influencer dan artis populer. Pada tahun 2017, setelah melihat potensi Musical.ly, perusahaan teknologi ini membelinya di harga 1 Miliar USD. Di tahun 2018, TikTok dan Musical.ly akhirnya resmi bergabung. Alasannya di-merger adalah kesamaan misi, yakni setiap orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi kreator.

Di TikTok sendiri, video yang terlalu panjang lebih sering di-skip oleh pengguna TikTok. Maka dari itu Anda sebaiknya membuat video yang singkat dengan tujuan yang jelas. Bussines Account, TikTok juga menambahkan akun bisnis yang dapat digunakan sebagai alat untuk merancang kebutuhan perusahaan dalam setiap kegiatan atau performa perusahaan tersebut. Hal ini terkait TikTok Cash menjanjikan uang bagi member yang telah mengerjakan tugas tertentu dengan cara menonton video pendek di platform TikTok.

Saat pengguna menyukai video Anda maka video tersebut juga akan ditampilkan di halaman pengguna lain. Semakin banyak Anda memperoleh like maka video tersebut bisa masuk di halaman on your page atau fyp. Engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram juga membuat TikTok menjadi media yang sangat cocok untuk menciptakan model consciousness produk.