Setelah ia menginjak usia 1 tahun, Ibu dapat coba memberikan makanan keluarga. Makanan keluarga adalah makanan yang Ibu buat sendiri sesuai dengan komposisi nutrisi yang dibutuhkan si Kecil. Untuk camilan, Ibu dapat memberikan buah, biskuit ataupun makanan sehat yang Ibu buat sendiri dari buah atau susu.

Bayi Anda mungkin tidur dengan durasi 10 hingga 18 jam sehari. Tetapi, bayi tidak mengetahui perbedaan waktu antara siang dan malam. Bayi baru bisa menjalani rutinitas tidur yang baik saat usia 6-9 bulan. Jadwal tidur dan bangun tidur yang selalu tepat waktu adalah salah satu langkah awal paling penting jika Anda ingin anak tidur cukup.

Misalnya, batita membutuhkan waktu jam per hari, sementara balita membutuhkan waktu jam. Tidur siang sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Akan tetapi, tidak ada aturan baku mengenai waktu tidur siang yang baik. Menjaga kesehatan jantung memang sangat penting untuk manusia demi memperoleh umur yang panjang. Dan ternyata dalam mendapatkan jantung yang sehat tidak perlu usaha yang terlalu sulit serta dapat dilakukan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan jantung maka diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh sebab penyakit yang menyerang jantung.

Awasi dari jauh sejenak sebelum mendatangi dan memastikan kondisinya. Dengan tidur siang, anak kembali mengumpulkan tenaga untuk berkegiatan di sore hari. Balita yang kurang tidur juga lebih tak acuh dibandingkan dengan anak yang memperoleh tidur siang. Untuk membuatnya lebih mudah tidur, bantu ia menemukan spot tempat tidur yang nyaman dan berikan mainan kesayangannya untuk menemani Si Kecil tidur. Jika Si Kecil tidak mengantuk, tidak perlu memaksanya untuk tidur, tetapi pastikan ia tetap mendapatkan waktu untuk beristirahat.

Cobalah untuk lebih konsisten dalam hal waktu tidur anak, lama kelamaan ia akan terbiasa. Bila kondisi cuaca dingin, pastikan kamar dan kasurnya nyaman serta hangat, berlaku sebaliknya. Kenali lebih dalam karakteristik si kecil agar Bunda bisa lebih mudah membantunya untuk tidur lelap.

Sehingga para remaja dapat membentengi diri dari hal-hal negatif dalam penggunaan web. Jauh dari itu, sebaiknya pasanglah gambar-gambar yang lembut dengan pemilihan warna yang tenang namun tetap sedikit gelap. Sehingga, anak-anak bisa membedakan antara siang dan malam dan mereka akan lebih mudah untuk tertidur. Ketika tingkat melatonin berada pada tingkat tertinggi, kebanyakan orang mengantuk dan siap untuk tidur. Jika setengah jam dari waktu tidur, anak Anda menonton televisi, maka besar kemungkinan akan mengacaukan melatonin. Sebelum tidur, alangkah baiknya jika orangtua membiasakan kegiatan yang baik.

Cara agar anak mau tidur siang

Banyak orangtua yang mengira kalau balita gampang kedinginan, sehingga saat tidur siang pun tubuhnya ditutupi oleh selimut. Padahal bila cuaca sedang tak dingin, selimut malah akan membuat balita gampang berkeringat dan jadi tak bisa tidur siang dengan nyaman. Untuk itu, selalu rasakan dan perhatikan suhu dalam ruangan sebelum menutupi si kecil dengan selimut. Siapa sih yang tak suka dibelai dan diusap oleh tangan ibu? Rasa hangat yang diberikan dengan penuh kasih sayang ini pasti akan membuat balita nyaman dan rileks, sampai akhirnya mengantuk.

Jika anak sudah terbiasa tidur di waktu yang sama, tubuhnya pun akan otomatis ikut membiasakan diri sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi membujuk anak tidur siang. Tidur cukup membantu proses tumbuh kembang anak berjalan baik. Tidur nyenyak membantu tubuh anak memproduksi hormon pertumbuhan , yang merangsang pertumbuhan tinggi badannya. Beberapa menit sebelum tidur siang, buat kamar dalam kondisi nyaman dan nggak terlalu terang karena lampu atau sinar matahari.

Oleh karenanya, Anda perlu mencari cara jitu untuk membuat bayi tidur tepat waktu untuk menjaga kesehatannya. Nah, berikut sejumlah tips penting yang wajib Anda ketahui supaya kualitas tidur si bayi semakin baik dan bayi memiliki durasi tidur regular. Penasaran gimana caranya agar anak tidak terbangun tengah malam?

si kecil merasa nyaman dan rileks sehingga ia pun akhirnya mengantuk dan terlelap. SRIPOKU.COM – Tidur siang bisa memberi banyak manfaat, tak hanya pada orangtua namun bermanfaat juga untuk anak-anak. Tolong lakukan hal-hal untuk Anda dan jangan ragu untuk meminta bantuan.