Menggunakan benih unggul dan sehat dapat meminimalisir kerugian dan kegagalan. Setelah air ditempatkan dalam drum plastik, tambahkan 200 hingga 250 benih ikan lele untuk setiap drum. Pada tahap awal ini, beberapa bibit ikan lele akan mati karena mereka beradaptasi dengan sifat baru mereka. Buang benih lele yang mati segera dan jangan biarkan terlalu lama di dalam drum. Karena jenis lele yang ditanam juga beragam, seperti lele dumbo, lele sangkuriang dan lele sanca. Waktu terbaik untuk menyebarkan benih ikan lele adalah di pagi atau sore hari.

Bagaimana cara berternak lele

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kualitas air dan menjaga suhu air di kisaran Celcius. Terlebih lagi terpal sebagai bahan baku utama pembuatan kolam untuk budidaya ini mudah didapatkan. Harganya juga bervariasi sehingga bisa menyesuaikan kemampuan kantongmu. Kamu juga bisa membuat sendiri kolam ini tanpa perlu keahlian khusus. Untuk pemberian makanan, anda dapat memberikan pelet yang didapat dari toko pakan ikan paling dekat.

Kapur ditebarkan merata didasar kolam, kolam dibiarkan sampai tanah kolam retak-retak. Mikroorganisme tersebut menyebabkan ikan terkena penyakit bintik-bintik putih disertai dengan perut yang membesar. Pemasangan pagar jaring di sekeliling kolam dan saluran air sangat diperlukan.

Tubuh lele harus mengkilap dengan gerakan yang aktif serta tidak terlihat pucat. “Kita memang sengaja tidak memberikan uang transpor untuk peserta pelatihan, karena Link Kong4D ini adalah untuk ilmu pengetahuan mereka. Kita hanya mengundang bagi masyarakat yang berminat, dan benar-benar serius untuk menjadi pembudidaya lele,” jelas Taufan.

Setelah mendapatkan bibit unggul yang sesuai, Anda bisa menebar bibit tersebut. Tujuannya untuk menghindari ikan lele memakan sesama, karena ikan lele bersifat kanibal. Biasanya ikan lele yang lebih besar akan memakan ikan lele yang lebih kecil. Anda bisa menggunakan drum plastik yang biasa dipakai untuk menyimpan bahan baku lalu sesuaikan bentuknya dengan drum yang biasa digunakan untuk ternak lele. Ukuran drum plastik yang umumnya dipakai untuk ternak lele ini biasanya berukuran 200 liter.

Seorang peternak lele harus bisa menjaga suhu air dalam kolam di kisaran 20 sampai 28 derajat. Ikan lele biasanya sudah dapat dipanen setelah three bulan semenjak benih lele disebar. Proses panen ikan lele dapat dapat dilakukan dengan menyortir ikan yang layak dikonsumsi atau telah memiliki ukuran 4-7 ekor per kilogram atau sesuai dengan keinginan pembeli. Apalagi jika ternak ikan lele ini dilakukan di dalam kolam maka keuntungan yang didapatkan akan semakin besar. Peluang usaha ini juga semakin besar karena saat ini banyak perusahaan yang menyajikan berbagai makanan dengan bahan pokok ikan tersebut. Ikan lele biasanya sudah dapat dipanen setelah three bulan semenjak bibit lele disebar.

Yang pastinya memiliki kualitas pakan ikan yang baik ialah pakan yang menawarkan FCR . FCR ini merupakan rasio jumlah pakan berbanding dengan pertumbuhan daging pada ikan lele. Apabila kalian menemukan kulit lele yang seperti lecet maka tidak usah untuk membelinya. Untuk bibit lele atau lele yang baik pada umumnya biasanya memiliki tubuh yang sewarna yakni coklat atau hitam kemerah-merahan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu cara perawatannya pun harus baik dan benar.

Dengan lahan sempit anda bisa buka usaha ternak lele secara trendy menggunakan kolam terpal dari plastik. Kedua model ternak lele tersebut di atas sama-sama menjanjikan untung besar. Karena kebutuhan akan ikan lele konsumsi dan bibit lele sangat besar di masyarakat Indonesia baik di perkotaan maupun di pedesaan terpencil. Kuliner dari lele sangat digemari banyak kalangan dengan ciri khas lele yang rasanya gurih dengan daging yang lezat. Untuk cara pemanenan di lakukan dengan cara mengeringkan kolam terpal lalu menimbang hasil panen lele tersebut.