Jangan lupa juga untuk mematikan televisi yang ada di ruang tamu agar anak Anda tak terganggu. Berkaitan dengan poin sebelumnya, Mama Papa juga bisa menciptakan rutinitas sebelum tidur dengan mendongengkan anak. Nanas mengandung melatonin yang lebih tinggi daripada gandum dan pisang.

Kemudian, cara bikin anak cepat tidur ini mungkin menjadi langkah terakhir. Coba untuk menjanjikan sebuah imbalan, seperti akan dibuatkan makanan kesuakaannya, atau bisa juga diberi imbalan berjenis lainnya. Namun, apa sebenarnya manfaat dari mempraktikkan cara bikin anak cepat tidur? Manfaat yang bisa didapatkan salah satunya menjamin kesehatan anak tetap terjaga. Bayangkan saja, dengan kondisi daya tahan tubuhnya yang masih rentan, namun kurang istirahat. Tidur siang dalam waktu singkat memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Bagi ibu baru, minggu-minggu pertama pasca melahirkan memang merupakan hal yang tidak mudah dilewati, apalagi saat mengasuh bayi. Bunda seringkali kehilangan waktu tidur dan harus memutar otak untuk mencari cara agar bayi cepat tidur dengan nyenyak dan lelap. Mandi air hangat beberapa jam sebelum tidur dapat menaikkan suhu tubuh, menyebabkan anak mengantuk saat suhu tubuh nanti kembali menurun. Penelitian menunjukkan bahwa rasa kantuk dikaitkan dengan penurunan suhu tubuh. Mengingat aktivitas tersebut bisa membuatnya terjaga dan sulit diajak tidur. Saat menyusui bayi, bila dia ada di boks, tetap redupkan lampu dan angkat dia pelan-pelan dari boksnya.

Mengingatkan anak untuk tidur juga merupakan ideas cepat menidurkan Si Kecil yang tak boleh Bunda lewatkan. Agar anak tidur cepat, Bunda harus konsisten mengingatkannya jika sudah mendekati waktu tidurnya. Sebagai panduan, bayi baru lahir akan tidur selama 8-9 jam di siang hari dan kurang lebih 8 jam di malam hari. Namun, hal ini bukan berarti Si Kecil tidur terus-menerus sepanjang waktu tersebut. Biasanya bayi memiliki siklus bangun dan tidur setiap beberapa jam. Umumnya bayi akan terbangun karena lapar, tidak nyaman karena popoknya basah, atau karena lingkungan yang panas.

Menjelang waktu tidur, sebaiknya Bunda hindari memberikan Si Kecil makanan, khususnya yang mengandung kafein. Pasalnya, kafein merupakan stimulan dan tidak terlalu baik untuk anak-anak. Jika anak lapar pada malam hari, Bunda bisa memberikannya makanan atau minuman yang tidak terlalu mengenyangkan seperti buah, segelas susu hangat, atau crackers. Rutinitas tersebut bisa disesuaikan dengan apa yang menurut Bunda cocok untuk kebutuhan anak. Jangan lupa juga untuk tetapkan rutinitas waktu tidur yang konsisten dan santai selama menit sebelum tidur ya, Bunda. Sementara itu di usia four bulan – 1 tahun, anak membutuhkan jam tidur setiap hari.

Bagaimana cara agar anak cepat tidur

Kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum memasuki jam tidur anak dan pastikan anak juga sudah melakukan ritual malamnya yaitu cucui kaki dan menggosok giginya. Dengan begitu Mama dapat membantu anak lebih tenang dalam membentuk rutinitas tidurnya. Baru kali ini akhirnya saya merasa Young Living Essential Oil Lavender yang beberapa waktu lalu saya beli berguna.

Daripada mencoba dan gagal tidur, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan sesuatu. Minumlah teh, baca buku, atau tulis di jurnal Kamu, dan kembalilah ke tempat tidur ketika Kamu mulai merasa mengantuk. Memutar musik pengantar tidur, musik klasik, atau suara alam akan mendukung suasan tenang yang membuat bayi akan cepat mengantuk. Bayi senang mendengar suara ibunya karena terasa menenangkan. Tidur siang di usia ini mungkin hanya sebentar saja, tetapi cukup sering. Ibu mungkin khawatir bayi akan kesulitan tidur malam ketika ia terlalu banyak tidur di siang hari.

Biasanya menidurkan anak baru akan berhasil jika dilakukan sambil menggendong. Selain itu, jika bayi terlihat berkeringat, tambahkan lapisan handuk lembut agar dapat menyerap keringat dan membuat kulitnya tidak lembab. Jika bayi merasa kedinginan, tambahkan selimut agar ia kembali nyaman.