Sebab udara yang terperangkap di perut akan membuat bayi tidak nyaman dan menyebabkan sering menangis di malam hari. Ilustrasi tidur Misalnya, Anda bisa membayangkan air terjun, suara gemericik air, derasnya air, dan aroma lumut yang lembab. Kuncinya adalah membiarkan gambar ini mengambil ruang di otak untuk mencegah diri Anda terlibat kembali dengan pikiran dan kekhawatiran sebelum tidur. Suara.com – Setiap orang punya ketahanan sendiri saat tengah mengantuk. Beberapa orang akan dengan mudah tertidur sementara yang lainnya kesulitan meski telah berbaring. Beberapa dokter anak menyarankan untuk nggak terlalu sering mengganti popok si Kecil di malam hari.

Tak ada suara berisik atau lampu-lampu yang terlalu terang. Di sini mothers bisa coba melakukan sesuatu atau kegiatan yang nantinya bakal bikin si kecil merasa bosan atau tidak tertarik untuk melakukannya. Di depannya, coba lakukan kegiatan yang sekiranya tidak membuatnya tertarik.

Bagaimana cara agar anak cepat tidur

Biasanya mereka akan menjadi lebih tenang, dan mulai mencari Ibu untuk merasa nyaman. Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir. Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Biasakan membaringkan bayi sebelum dirinya tertidur, idealnya saat dia mulai merasa ngantuk.

Bahkan jika hendak mengganti popok kotor di malam hari, lakukanlah dengan lampu redup, dan dengan sesedikit mungkin interaksi dengan bayi. Menggabungkan kekuatan meditasi dan visualisasi, metode pernapasan ini menjadi lebih efektif dengan latihan. Banyak bayi senang mandi sebelum tidur, yang membuat mereka tenang. Jadikan setiap aktivitas tenang dan damai, terutama menjelang akhir rutinitas.

Selain mematikan cahaya dalam kamar, suhu ruangan juga perlu diperhatikan ya Moms. Dengan suhu ruangan yang cenderung dingin, bisa membuat anak menjadi lebih cepat tertidur pulas. Hal ini dipengaruhi suhu tubuh yang juga ikut menurun saat kita mengistirahatkan tubuh.

Jangan lupa gunakan Cussons Baby Newborn Cream yang berfungsi melembutkan kulit bayi. Kandungan chamomile alami dalam krim ini akan membuat bayi lebih tenang dan lebih mudah untuk tidur karena baunya yang lembut. Sebagaimana kebanyakan kita, jika perut bayi dalam kondisi kenyang, maka ia akan lebih mudah mengantuk. Si kecil akan tertidur dengan sendirinya saat merasa kenyang. Ini juga efektif menghentikan tangisannya dan segera tertidur kembali.

Ini akan membantunya menantikan waktu tidur dan mengasosiasikan ruang tidurnya dengan hal-hal yang dia suka. Selain membantu tumbuh kembang fisik si Kecil, tidur berkualitas di malam hari juga membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya. Sebab, sewaktu si Kecil tertidur nyenyak, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuhnya dengan lebih maksimal. Dokter menyarankan bahwa kombinasi sempurna termasuk apel dengan selai kacang, kerupuk gandum utuh dan keju, serta sereal dan susu bisa membuat anak tidur lebih lelap. Dalam menidurkan bayi, pastikan untuk mengikuti pedoman tidur yang aman untuk bayi.

Menghadirkan kenyamanan tidur jadi salah satu kunci cepat menidurkan anak. Bunda harus pastikan menjaga kamar tetap gelap, tenang, dan sejuk. Jika Si Kecil tak suka gelap, Bunda bisa berikan sedikit penerangan dengan lampu tidur. Cobalah cara-cara di atas untuk membuat bayi tidur nyenyak sepanjang malam. Selain memberikan Bunda waktu untuk beristirahat, tidur yang cukup akan membuat tumbuh kembang Si Kecil lebih optimum.

Menurut Astrini, jika mothers terlalu lama membiarkan si kecil tidur terlelap, maka akan berbahaya untuk perkembangan otak dan pelemasan tulang-tulangnya. Kalau bayi Anda tidak ingin empeng, tidak ada alasan untuk memaksanya. Manfaat empeng hanya untuk menenangkan dan membuat bayi Anda rileks ketika rewel atau ingin mengisap. Baca seterusnya untuk mendapatkan info, tips, dan saran tentang penggunaan empeng agar Anda lebih mantap memberikan empeng pada bayi baru lahir. Yuk, coba lakukan berbagai kegiatan di atas agar perkembangan bayi 5 bulan Bunda tumbuh optimum. Di usia 5 bulan, bayi akan mulai mengenali suara-suara di dekatnya.